Penculikan Aktivis yang Belum Terungkap Hingga Kini

Peristiwa, Ulasan - 2 Oktober 2019, By galihsetio
demo 1998

Reformasi Indonesia menyimpan sisi kelam yang belum terungkap hingga sekarang. Yaitu penculikan para aktivis pada masa reformasi untuk meruntuhkan pemerintah orde baru yang otoriter.

Pada masa itu terjadi demonstran besar-besaran dari semua elemen bangsa indonesia, mulai dari mahasiswa, buruh, seniman, penyair dan seluruh rakyat indonesia. Banyak dari aktivis yang ikut turun ke jalan di culik satu per satu. Di hilangkan secara paksa dan sampai sekarang, entah bagaimana nasib mereka. Terdapat sekitar 15 aktivis yang dihilangkan secara paksa, di siksa dan diasingkan entah kemana.

Berikut beberapa nama-nama aktivis yang dirampas hak nya, di hilangkan dan di lenyapkan oleh penguasa otoriter rezim orde baru. Simak penjelasan artikel di bawah ini tentang Penculikan aktivis yang belum terungkap hingga kini.

Baca Juga : Sejarah Demonstrasi Terbesar di Indonesia

Penculikan aktivis yang belum terungkap hingga kini

1. Widji Thukul

Widji Thukul
Widji Thukul

Penyair kelahiran Surakarta, Jawa Tengah. Ia pada tanggal 26 Agustus 1963 dengan nama asli Widji Widodo. Beliau adalah seorang penyair, sastrawan serta aktivis hak asasi manusia yang di culik dan dihilangkan pemerintah otoriter orde baru pada 27 juli tahun 1998.

Widji Thukul merupakan orang yang paling vokal menyuarakan perlawanan untuk meruntuhkan rezim orba yang dikenal otoriter, korup dan sewenang-wenang. Sampai sekarang, nasib nya entah kemana. Apakah ia masih hidup atau meninggal, tidak ada orang yang mengetahui.

Ia mewariskan kata-kata perlawanan yang akan terus relevan di dengungkan dari zaman ke zaman dan akan tetap berlipat ganda. “Hanya ada satu kata : LAWAN!”. Itulah kata-kata dari seorang Widji Thukul. Kini, kedua anak nya meneruskan perjuangan perlawanan nya.

Anak perempuan nya, bernama Wani menjadi seorang penulis buku dan anak laki-laki nya bernama Fajar, menyuarakan perlawanan dengan menjadi seorang musisi bersama band besutan nya yaitu Merah Bercerita.

2. Hendra Hambali

Hendra Hambali
Hendra Hambali

Salah satu aktivis reformasi yang di culik pada masa keruntuhan orde baru adalah Hendra Hambali. Aktivis reformasi Hendra Hambali di culik dan menghilang pada tanggal 14 Mei 1998 dan sampai saat ini, keberadaan Hendra Hambali tidak diketahui.

Hendra Hambali terakhir diketahui sebelum penculikan nya ia berada di kawasan Glodok Plaza, Jakarta Pusat. Dan pelanggaran Hak Asasi Manusia yang menyangkut penculikan dan pelenyapan para aktivis reformasi pun sampai saat ini tidak juga terselesaikan. Hanya janji-janji kosong yang setiap kontestasi pilpres di dengungkan untuk di tuntaskan. Tapi kenyataan nya, Nol besar bung!

Baca Juga : Eks 98 yang Sekarang Jadi Elite Politik

3. Yadin Muhidin

Yadin Muhidin
Yadin Muhidin

Salah satu aktivis lain yang di culik dan di hilangkan oleh pemerintah rezim orde baru adalah Yadin Muhidin. Yadin Muhidin merupakan alumnus sekolah pelayaran yang ikut demonstran besar-besaran pada tahun 98.

Yadin Muhidin di culik dan di hilangkan pada tanggal 14 Mei 1998. Yadin Muhidin terakhir di ketahui keberadaan nya di kawasan Sunter Agung, Jakarta Barat.

4. Herman Hendrawan

Herman Hendrawan
Herman Hendrawan

Dia merupakan salah satu dari 15 Aktivis yang dihilangkan secara paksa oleh pemerintah otoriter rezim Suharto. Herman Hendrawan juga merupakan aktivis yang paling vokal menyuarakan Reformasi menggulingkan pemerintah Orde Baru Suharto.

Setelah konferensi pers KNPD di YLBHI pada tanggal 12 Maret 1998, selepas acara tersebut keberadaan nya entah kemana. Sampai sekarang Herman Hendrawan tidak pernah lagi ketemukan, dia menjadi salah satu aktivis yang di lenyapkan oleh rezim orde baru pemerintahan Suharto.

Nah, itulah beberapa aktivis reformasi yang dihilangkan dan dilenyapkan oleh orde baru dan sampai sekarang, mereka entah bagaimana nasib nya. Panjang umur perlawanan! Matilah kau!! Ketidakadilan dan Penindasan!

Baca Juga : Kata Kata Mutiara untuk DPR

Jangan lupa share artikel ini ke sosial media kalian dan jangan lupa terus ikuti artikel artikel menarik di cempulek.com

Penculikan Aktivis yang Belum Terungkap Hingga Kini | galihsetio | 4.5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *