Eks 98 yang Sekarang Jadi Elite Politik

Tahukah Kamu, Ulasan - 28 September 2019, By galihsetio
eks 98 jadi dpr

Mei 1998, merupakan tonggak awal dari reformasi Indonesia. Pada saat ini terjadi demo besar-besaran dengan satu tekad dan satu tujuan, yaitu mengakhiri masa pemerintahan rezim Suharto yang menjabat sebagai presiden selama 32 tahun lebih.

Semua elemen masyarakat mulai dari warga sipil biasa, mahasiswa, para buruh dan karyawan, seniman, sastrawan dan segenap rakyat indonesia bersatu dalam satu barisan perlawanan menggulingkan rezim otoriter orde baru.

Meskipun demonstran tersebut berhasil menggulingkan suharto, namun tetap menyimpan sisi kelam yang menyedihkan. Yaitu banyak dari aktivis reformasi yang menghilang, entah di culik atau di siksa atau bahkan di bunuh oleh yang berkuasa pada saat itu.

Tapi ada banyak juga para aktivis 98 yang sampai sekarang masih hidup dan menjadi bagian dari pemerintahan. Siapa saja para aktivis 98 yang pernah atau sedang menjadi pejabat di pemerintahan Indonesia. Berikut beberapa nama-nama aktivis 98 yang menjadi bagian dari pemerintahan Republik Indonesia.

Baca Juga : Pasal Kontroversial di Revisi UU KUHP

Eks 98 yang sekarang jadi elite politik

Simak penjelasan artikel di bawah ini tentang Eks 98 yang sekarang jadi elite politik.

1. Budiman sudjatmiko

budiman sudjatmiko dpr
budiman sudjatmiko

Budiman sudjatmiko merupakan salah satu aktivis 98 yang pernah menjadi menduduki kursi dewan perwakilan rakyat selama dua kali periode, yaitu pada periode 2009-2014 di masa pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan yang kedua pada periode 2014-2019 di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Namun, pada pemilu kemarin Budiman sudjatmiko gagal melenggang kembali ke senanyan. Budiman sudjatmiko merupakan kader dari Parti PDIP Perjuangan. Dulu, Budiman Sudjatmiko merupakan bagaian dari Partia Rakyat Demokrasi atau PRD.

2. Fachri Hamzah

fachri hamzah dpr
fachri hamzah

Siapa yang tidak pernah mendengar sosok yang kontroversial yang satu ini? Dia seringkali mengucapkan statement yang terkadang mengundang kontroversi. Statement yang terakhir ia lontarkan adalah mengenai KPK. Dia mengatakan KPK seharusnya di Bubarkan saja.

Fachri Hamzah dulunya merupakan Aktivis 98 yang tergabung dalam KAMMI atau Kesatuan Mahasiswa Muslim Indonesia. Fachri Hamzah pernah menjabat sebagai wakil ketua DPR dan juga menjabat sebagai anggota DPR komisi III di daerah kelahiran nya yaitu Nusa Tenggara Barat. Pada pemilu 2019 kali ini, bang Fachri tidak lagi mencalonkan diri. Ia mengatakan bahwa diri nya ingin meyelesaikan masalah internal di Partai PKS.

Baca Juga : Kata Kata Mutiara untuk DPR

3. Adian Yunus Yusak Napitupulu

adian napitupulu
adian napitupulu

Adian Napitupulu merupakan salah satu Aktivis 98 yang pernah menduduki kursi jabatan sebagai Anggota DPR periode 2014-2019. Nama Adian Napitupulu sering muncul di berbagai program politik di televisi selama masa kampanye pemilu 2019 kemarin. Dan pada masa periode kedua dari Presiden Jokowi ini, Bang Adian berkemungkinan besar duduk lagi di kursi dewan yang terhormat karena beliau mendapat perolehan suara di dapil Jawa Barat V, yaitu Bogor. Dengan suara yang ia peroleh sebesar 80.228 suara. Bang Adian dulu merupakan bagaian dari aktivis Forkot atau Forum Kota yang dikenal sangat keras dalam mengkritik pemerintahan Soeharto pada zaman orba dahulu.

4. Fadli Zon

fadli zon dpr
fadli zon dpr

Dia dulu nya merupakan aktivis 98. Sekarang, beliau menjabat sebagai wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat. Fadli Zon menjabat dua kali pada legislatif di masa periode 2014-2019 dan periode 2019-2024. Pada pemilu kali ini, Fadli Zon mendapat perolehan suara sebesar 230.524  di daerah pemilih atau dapil Jawa Barat V, yang mencakup wilayah Bogor dan sekitarnya.

Nah, itulah beberapa mantan aktivis 98 yang menjadi pejabat. Dan saya berharap, semoga para aktivis Mahasiswa yang berdemo menolak revisi RKUHP kemarin ketika di masa mendatang tidak lantas cuci tangan ketika telah memegang jabatan. Jangan lupa share artikel ini, dan pantengin terus artikel menarik di cempulek.com

Eks 98 yang Sekarang Jadi Elite Politik | galihsetio | 4.5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *